Pare

28 Jun 2011

Hayoo.. pada lagi mikir buah yang pahit ini ya…

pare

hehehe..sebenernya ga salah juga sih..kalau pada mikir buah ini, tapi.. kali ini desh bukan lagi ngomongin buah.

Gara - gara obrolan dan info dari sobat desh, penasaran juga sama Tempat Bernama Pare ini. Konon katanya *lho kok jadi kaya Alam - mbah dukun .. hihihihi*, daerah ini adalah daerah pusat kursus bahasa inggris termurah dengan hasil yang widiiiihh luar biasa.

Cek yuk.. kebenarannya.. ini dia hasil baca - baca sana sini..

Lokasi tepatnya adalah di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Saya berani katakan kalau di sini adalah pusat kursus Bahasa Inggris termurah dan terbesar di Indonesia.

Bayangkan saja, satu program intensif setiap hari selama 1 bulan dengan pertemuan selama 1,5 jam dihargai kurang dari 100 ribu. Kontras dengan EF yang bahkan mencapai 1 juta/bulan untuk pertemuan yang hanya 3 kali seminggu.

Namun, memang tempat belajar mengajarnya sederhana. Ada yang di dalam ruangan yang dibentuk dari batako tanpa semen dan cat, lalu duduk di kursi kayu. Ada juga di ruangan bersih tapi duduk lesehan. Bahkan ada yang di luar ruangan dengan memanfaatkan gazebo seadanya. Sederhana, namun saya rasa tidak mengurangi makna sedikitpun.

Kemudian saya katakan terbesar karena ada sekitar 30 lembaga kursus bahasa dengan kelebihannya masing-masing. Ada yang terkenal dengan program speakingnya (Dafodiles dan Webster), ada yang jago di grammer (Smart), ada yang punya program khusus TOEFL (Elfast), ada juga yang mempunyai ujian langsung ngobrol dengan turis asing di Bali (Harfard), dan sebagainya. Pilihan tergantung tujuan kita apa.

Ratusan, mungkin ribuan, orang yang sengaja datang ke Pare hanya untuk kursus. Asalnya ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Aceh, Lampung, NTB, Bandung, dsb. Anak Jakarta juga banyak. Ketiga teman sekamar saya kebetulan semuanya dari Jakarta. Beruntung bagi saya, karena jadi tidak terlalu kaget menghadapi budaya yang baru. Analisis singkat saya, sebagian besar yang kursus di Pare adalah siswa yang baru lulus SMA atau mahasiswa yang juga baru lulus. Dua orang teman sekamar saya baru lulus UNJ dan Unpad. Satu orang lagi baru lulus SMA.

all credit for : http://sagoeleuser5.wordpress.com/2009/01/12/kampung-bahasa-sentra-kursus-bahasa-inggris-termurah-di-indonesia/

thanks for sagoeleuser5 atas info nya..

dsc00135

ada info biaya hidupnya juga lho.. thanks to sagoeleuser5.wordpress

Budgeting kursus di Pare 3 bulan dari Jakarta

Lorena Eksekutif Jkt(Rw. Mangun) Kediri 215.000

Kediri kosan 10.000

Beli sepeda 100.000

Makan 3 bulan 1.000.000

Pulsa 3 bulan 150.000

Program speaking di Dafodiles 100.000

Wisata ke Bali 200.000

Program Planet English di Kresna 190.000

Kos di English Area Access (1 bulan) 175.000

Kos di bukan EA (2 bulan) 150.000

Kosan Jombang 10.000

Kereta bisnis Bangunkarta 130.000

TOTAL 2.430.000

hayo… siapa yang bersemangat belajar?? nabung dari sekarang yuks.. ^o^eh… itu info tahun 2009 tapi lho. Nabung nya jangan ngepas yah..heheheh *whoaa.. sayang kuliah saya belum selesai… smoga sampai saat saya selesai biaya hidup nya ga jauh membengkaknya.. hehehe..aminnn*

nah untuk tempat kursusnya, desh sempet baca WTC. WTC apa itu? WTC itu lembaga kursus bahasa asing di Pare. Mau tahu info lengkapnya.. cek these site

http://info-wtc.tripod.com/

Semoga bermanfaat… ^o^



TAGS sekedar info


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post